Pengertian dan Contoh Kalimat Comparative Adjective

Definisi adjective adalah merupakan salah satu bagian dari part of speech yang befungsi untuk menjelaskan noun yang diikutinya, sebagi contoh: big chair, red hair, beautiful woman, dll. big, red , dan beautiful adalah adjective. Untuk lebih jelasnya mengenai adjective, silahkan lihat postingan macam-macam adjective dalam bahasa inggris. Nah kali ini kita masih akan membahas tentang salah satu jenis adjective yaitu Comparative adjective. Simak pembahasan berikut ini.

Comparative Adjective

Pengertian Comparative Adjective

Apa itu Comparative adjective? Dan apa fungsinya? Comparative adjective adalah sebuah kata sifat yang memiliki fungsi untuk membandingkan dua noun (larger, smaller, faster, higher, bigger, etc), baik itu membandingkan bagus maupun kejelekan noun yang dijelaskannya.

Pembentukan Comparative Adjective

Sebagian besar pembentukan comparative adjective adlah dengan adanya penambahan suffix –er diakhirnya, big-bigger, small-smaller, tall-taller, etc.dibeberapa kejadian kata “more” dan “less” biasanya juga ditambahkan dalam penggunaan comparative adjectiv. Mengapa bisa terjadi demikian?
 Dalam pembentukan comparative adjective terjadi penambahan suffix-er, penambahan kata “more” dan “less”  harus berdasarkan sylable(suku kata) yang mereka miliki. Karena comparative adjective memiliki atauran sebagi berikut.

  1. Jika sebuah adjective memiliki satu syllable(suku kata), hanya perlu ditambahkan suffix –er untuk membentuk comparative adjective. Contoh: tall - taller, cold - colder, etc.
  2. Jika sebuah adjective memiliki 2 syllabel(suku kata) dan berakhiran –y, maka pembentukan comparative adjectivenya adalah dengan merubah  akhiran –y tersebut menjadi –i dan ditambahkan –er. Conroh: early - earlier, happy – happier, etc.
  3. Kata “more” dan “less”  digunakan untuk membentuk comparative adjective pada adjective yang memiliki 2 syllable(suku kata)dan tidak berakhiran –y. Contoh: honest - more honest, difficult - less difficult, modern – more modern, etc.
  4. Kata “more” dan “less”  digunakan untuk membentuk comparative adjective pada adjective yang memiliki 3 syllable(suku kata)atau lebih. Contoh: expensive - less expensive, beautiful – more beautiful, comfortable - more comfortable, etc.
  5. Jika sebuah adjective berakhiran –e, maka pembentukan comparative adjectivenya adalah dengan ditambah –r saja pada akhirannya.
  6. Jika struktur adjectivenya adalah consonant –vowel – consonant, maka untuk pembentukan comparative adjectivenya adalah mendobel  konsonan yang berada dikahir. Contoh: big – bigger, hot-hotter, etc.
  7. Namun juga ada beberapa irregular comparative adjective yaitu perubahan yang tidak mengikuti aturan-aturan pembentukan comparative adjective. Contoh: good-better, bad- worse, little-less, far-farther, etc.

Contoh Comparative adjective  

Berikut adalah beberapa contoh adjective beserta pembentukannya menjadi comparative adjectivenya  yang sering digunakan dalam kalimat bahasa inggris.


Contoh Comparative Adjective

angry – angrier

happy – happier

Beautiful – more beautiful

hard – harder

brave – braver

hot – hotter

bright – brighter

immense – more immense

broad – broader

long – longer

calm –calmer

lovely – lovelier

cold – colder

nervous – more nervous

cool – cooler

odd- odder

curly – curlier

old – older

dirty – dirtier

perfect – more perfect

dry – drier

quick – quicker

dull – duller

rich – richer

earlier – earlier

smart – smarter

embarrassed – more embarrassed

sweet – sweeter
evil – more evil

Small - smaller
fine –finer

thin – thinner
friendly – friendlier

modern – more modern
fresh – fresher

comfortable - more comfortable
NB: contoh comparative adjective dalam tabel tersebut adalah hanya beberapa saja dan tidak semuanya, anda bisa menemukan sendiri comparative adjective lainnya yang belum dimasukkan kedalam tabel.

Contoh Kalimat Comparative Adjective
Untuk lebih jelasnya mengenai tentang comparative adjective silahkan lihat contoh di bawah ini.

Adjective
Comparative adjective

My nephew is tall.
Sepupuku tinggi.

My nephew is taller than my younger sister.
Sepupuku lebih tinggi daripada adikku.

South Pole is cold.
Kutub selatan dingin.

South Pole is colder than nort pole.
Kutub selatan dingin daripada kutub selatan.
Dog is friendly pet.
Anjing adalah hewan peliaraan yang bersahabat
Dog is friendlier pet than cat.
Anjing adalah hewan peliaraan yang bersahabat daripada kucing.

Now, she is happy after got merried her boyfriend 2 weeks ago.
Sekarang, dia senang setelah menikah dengan pacarnya dua minggu yang lalu.
Now, she is happier than a last year after she got merried her boyfriend 2 weeks ago.
Sekarang, dia lebih senang daripada satu tahun kemarin setelah dia menikah dengan pacarnya dua minggu yang lalu.


Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian dan contoh kalimat comparative adjective. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi di atas. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

References:

1. Comparative Adjective - English Grammar. http://english-the-easy-way.com/Adjectives/Comparative_Adjectives.htm
2. What Is a Comparative Adjective?. http://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/adjectives/what-is-a-comparative-adjective.html
3. Comparative Adjective. http://www.k12reader.com/term/comparative-adjectives/


Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Kalimat Comparative Adjective"

Posting Komentar

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel