Pengertian dan Macam-Macam Pronoun dalam Bahasa Inggris

 Hallo semuanya, belajar bahasa inggris memang tidak lepas dari part of speech yang jumlahnya ada 8 jenis yaitu: noun, verb, adjective, preposition, adverb, conjunction, interjection, dan pronoun. Beberapa dari part of speech tersebut telah selesai dibahas dan anda bisa membacanya sendiri. Nah pada perjumpaan kali ini kita akan membahas masih tentang part of speech bahasa inggris yaitu pronoun dan jenis-jenisnya. Silahkan ikuti pembahasan berikut ini untuk lebih detail.

Pengertian dan Macam-Macam Pronoun

Pengertian Pronoun

Apa itu pronoun? Dan apa fungsinya? Pronoun atau dalam bahasa indonesia kita sebut sebagai kata ganti, jadi pronoun dapat diartikan sebuah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan noun(kata benda) yang bisa berupa manusia, hewan, tumbuhan, benda mati, tempat, konsep, maupun abstrak. Pronoun juga bisa digunakan untuk menggantikan sebuah noun phrase(kata benda frase).

Macam-Macam  Pronoun

Pronoun dalam bahasa inggris dapat dibedakan menjadi tujuh macam, apa saja itu? Untuk lebih jelanya mengenai macam-macam pronoun silahkan lihat tabel klasifikasi pronoun dengan penjelasan singkat dengan contohnya di bawah ini.


Pengertian

Contoh

Personal pronoun digunakan untuk menggantikan sebuah manusia, hewan, benda, hal spesifik. Dan pemilihan pronoun yang digunakan tergantung pada konteks apakah pronoun sebagai subject, object, possessive(kepemilikan) dan sudut pandang orang ke-, gender noun(kata benda)yang digantikannya. Personal pronun diantaranya adalah “I, you, they, we, she, he, it, us, me, her, his, them, us, mine, yours, its, theirs, ours, etc”.

He plays football everyday.
Time is yours.
Demonstrative pronoun adalah sebuah pronoun yang digunakan untuk menunjukkan(tunjuk) atau sebagai parameter number(jumlah) maupun distance(jarak). Demonstrative pronoun diantaranya adalah “this, that, these, those”. These, those digunakan untuk menunjuk/parameter plural noun(kata benda jamak), sedangkan this dan that digunkan untuk menunjuk/parameter singular noun(kata benda tunggal).

These are my flowers.
This is my father’s photo.
Introgative pronoun adalah sebuah pronoun(kata ganti) yang digunakan untuk mengajukan sebuah pertanyaan. Dan introgtaive pronoun itu diantaranya adalah “who, whom, which, what, whoever, whomever, whichever, whatever, etc”.



Who is the next to you?
What is your name?
Reflexive pronoun adalah sebuah pronoun yang digunakan untuk menyatakan bawha subejek yang bisa berupa manusia, hewan, benda, menerima aksi dari verb dalam kalimat. Reflexive pronoun diantaranya adalah “myself, yourself, itself, youselves, himself, herself, ourselves, themselves”.




I hate him because he always talking himself all the time.
In my dream, I saw myself plunge into the abyss.
Indefinite pronoun adalah sebuah pronoun yang digunakan untuk menggantikan benda(noun), hal secara umum atau tidak spesifik. Indefinite pronoun diantaranya adalah “anything, everything, none, someone, something, somebody, etc”.





Everything is gone be alright.
Someone gives me a mysterious gift in the front of my door.
Relative pronoun adalah sebuah pronoun yang digunakan dalam pembentukan clause(clausa) dalam sebuah kalimat. Dan relative pronoun tersebut diantaranya adalah “who, whose, which, whom, that, etc”.



A girl who wears red long dress next to the police is my causin.
Reciprocal Pronoun adalah sebuah pronoun(kata ganti) yang digunakan pada situasi dimana dua subjek atau lebih melakukan sebuah aksi yang sama satu sama lain. Reciprocal pronoun antara lain: "each other" dan "one other".


Ani and Boni love each other and planning to get married next month.

Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian dan macam-macam pronoun yang ada dalam bahasa inggris. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi di atas. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

References:

1. Pronouns. http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/pronouns-2/
2. Pronoun. http://www.iscribe.org/english/pron.html
3. Types of Pronouns. http://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/pronouns/types-of-pronouns.html
4. Pronouns. http://www.englishleap.com/grammar/pronouns

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Macam-Macam Pronoun dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel