Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Kalimat Adverb

Hallo semuanya, dalam mempelajari bahasa inggris, alangkah baiknya jika mempelajari juga hal-hal detailnya. Dalam bahasa inggris ada banyak sekali unsur yang harus diketahui untuk memenuhi standart ketatabahasaan bahasa inggris, salah contohnya adalah part of speech yang terbagi menjadi lagi menjadi delapan bagian, beberapa contoh; noun, adjective, pronoun, verb, preposition dll. Untuk lebih lengkanya silahkan baca postingan part of speech bahasa inggris. Oke, kembali lagi ke topik utama kita, pada perjumpaan kali ini kita akan membahas tentang topik salah satu part of speech bahasa inggris yang sangat penting, yaitu adverb. Apa itu adverb? Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti pembahasan adverb berikut ini.


Pengertian Adverb

Adverb atau dalam bahasa kita bahasa indonesia bisa kita sebut sebagai kata keterangan, adalah sebuah kata keterangan yang memiliki fungsi untuk menjelaskan/memodifikasi  verb, adjective , adverb lain, noun phrase, clause, or sentence. Dan adverb bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan seperti  how?, in what way?, when?, where?, karena adverb dalam bahasa inggris berguna untuk menunjukkan cara(manner), arah tempat(direction), waktu(time), frekuensi(frequency), kepastian(certainty), drajat(deree), dsb, (untuk lebih lengkapnya akan kita bahas sebentar lagi). 

Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Adverb

Contoh Kalimat Adverb

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang di dalamnya terdapat adverb dengan sedikit penjelasannya.
  1. He talks fastly.(fastly adalah adverb yang memodifikasi verb talks).
  2. She is very beautiful.(very adalah adverb yang menerangkan adjective beautiful).
  3. He screams lound enough.(enough adalah adverb yang memodifikasi adverb loud).
  4. I read only the book’s cover  (only adalah adverb yang memodifikasi noun phrase the book’s cover ).
  5. Certainly, we need to talk (certainly adalah adverb yang memodifikasi sentence secara keseluruhan).

Macam-macam, Fungsi dan Contoh Adverb

Adverb juga memiliki beberapa jenis dan tentunya memiliki fungsi masing-masing. Nah berikut ini adalah beberapa macam adverb dengan pengertian dan contoh adverbnya.
  • Adverb of Place&Direction(menjelaskan arah tempat). Adverb of Place adalah sebuah adverb(kata keterangan) yang digunakan untuk menunjukkan tempat atau arah sebuah kejadian, kegiatan, atau pun peristiwa terjadi. Contoh adverb of place adalah; Here, there, south, north, west, east, dll.
  • Adverb of Time(menjelaskan waktu). Adverb of Time adalah sebuah adverb(kata keterangan) yang digunakan untuk menunjukkan waktu terjadinya sebuah kegiatan, peristiwa, kejadian tertentu. Contoh adverb of time adalah; yesterday, tommorrow, now, later, last month, all day, for a year, dll.
  • Adverb of Manner (menjelaskan cara).Adverb of manner adalah sebuah adverb(kata keterangan) yang digunakan untuk menunjukkan sebuah cara(way) sebuah aktivitas atau kegiatan dan bagaimana(how) sebuah kejadian atau peristiwa terjadi. Contoh adverb of manner adalah; accidentally, angrily, anxiously, automatically, awkwardly, badly, beautifully, blindly, dll.
  • Adverb of Dergree(menjelaskan derjat). Adverb of dergree adalah sebuah adverb(kata keterangan) yang digunakan untuk menjelaskan atau menunjukkan intensitas maupun drajat, tingkatan sebuah aksi, kegiatan, dan peristiwa yang terjadi. Contoh adverb of dergree adalah; amazingly, awfully, so, enough, very, too, much, dll.
  • Adverb of Frequency(menjelaskan frekuensi). Adverb of frequency adalah sebuah adverb(kata keterangan) yang menjelaskan sebuah frekuensi kejadian atau peristiwa terjadi.  Contoh adverb of frequency adalah; always, usually, often, seldom, daily, hourly, twice, dll.
  • Adverb of Purpose(menjelaskan alasan atau tujuan). Adverb of Purpose adalah sebuah adverb yang digunakan untuk menunjukkan sebuah tujuan atau alasan sebuah aksi yang dilakukan, terjadi dan akan terjadi. Contoh adverb of purpose adalah; so, lest, so that, to, in order to, because, since, accidentally, intentionally, purposely, therefore, hence, dll.
  • Adverb of Certainty(menjelaskan kepastian). Adverb of certainty adalah sebuah adverb(kata keterangan) yang difungsikan untuk menjelaskan dan menunjukkan tingkat keyakinan pada sebuah aksi, tindakan, kejadian, yang dilakukan, akan dilakukan, dan telah dilakukan. Contoh adverb of certainty adalah; certainly, definitely, surly, probably, undoubtedly, clearly, obviously, maybe, perhaps, dll.
  • Adverb of Quantity(menjelaskan kuantitas). Adverb of quantity adalah sebuah adverb(kata keterangan) yang digunakan untuk menjelaskan sebuah kuantitas atau jumlah tertentu. Contoh adverb of quantity adalah;  lots,  few, too many, much, little, dll.
  • Relative Adverb(pembuka clause). Relative adverb adalah sebuah sebuah adverb(kata keterangan) yang digunakan untuk mengawali dan menunjukkan clause yang menerangkan noun dalam sebuah complex sentence. Contoh relative adverb adalah; where, when, why.
  • Conjunctive Adverb(penghubung clause). Conjunctive adverb adalah adverb yang memiliki fungsi sebagai konjungsi atau sebagai penghubung anatara dua independent clause. Contoh relative adverb adalah; certainly, comparatively, consequently, contrarily, conversely, currently, elsewhere, equally, dll.
  • Interrogative Adverb(bentuk pertanyaan). Interrogative adverb adalah sebuah adverb(kate keteranagn) yang digunakan untuk mengajukan sebuah pertanyaan. Contoh interrogative adverb adalah; why, where, when, and how.

Pembentukan Adverb

Ada beberapa adverb yang kata dasarnya bukan dari kelas kata adverb, melainkan dari kelas kata yang lain yaitu adjecticve, berikut adalah beberapa adjective yang mengalami perubahan menjadi adverb.


1. Perubahan yang pertama adalah penambahan suffix-“ly” pada adjective dan merubahnya menjadi adverb. Misalnya;
Adjective
Adverb

Quick
Quickly

Sudden

Suddenly

Straightforward

Straightforwardly

Slow
Slowly

Cheap
Cheaply



2. Kemudian pembentukan adverb dari adjective berakhiran –y, kemudian diganti dengan “-i” lalu ditambahkan suffix “-ly“. Misalnya;
Adjective
Adverb

Happy
Happily

Easy
Easily

Angry
Angrily

Lucky
Luckily

Lazy
Lazily

Hungry
Hungrily



3. Yang ketiga yaitu pembentukan adverb dari adjective yang berakhiran –ic, untuk mengubahnya menjadi adverb, caranya adalah dengan menambahkan suffix “–ally”. Misalnya;
Adjective
Adverb

Basic
Basically

Tragic
Tragically

Economiic
Economically

Historic
Historically


4. Dan yang terakhir yaitu pembentukan adverb dari adjective yang berakhiran “–able”, “-ible”, atau “-le”, dengan cara menghilangkan “–e” lalu tambahkan “-y”. Misalnya;
Adjective
Adverb

Terrible
Terribly

Comfortable
Comfortably

Incredible
Incredibly

Probable
Probably

Gentle
Gently


5. Dan ada beberapa adverb yang memiliki bentuk yang sama dengan adjcetive sebagai berikut; early, fast, hard, high, late, near, straight, wrong, etc.


Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian dan macam-macam adverb bahasa inggris dengan beberapa contoh kalimatnya, semoga bermanfaat. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi yang di sampaikan di atas. Dan saya sebagai penulis Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih. 

References:

1. Adverb. https://en.wikipedia.org/wiki/Adverb
2. Adverbs. http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/adverbs.htm

1 Komentar untuk "Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Kalimat Adverb "

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel