Pengertian Relative Adverb dan Contoh Kalimatnya

Masih seputar adverb bahasa inggris, sebelumnya jika anda belum mengatahui mengani apa itu adjective silahkan bahasa terlebih dahulu baca postingan pengertian dan macam-macam adverb. Bisa dilihat bahwa adverb memiliki beberapa macam yang di mana memiliki fungsi yang berbeda-beda. Nah kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis adverb yaitu relative adverb. Apa itu relative adverb? Silahkan ikuti pembahasannya berikut ini.

Pengertian Relative Adverb

Relative adverb adalah sebuah sebuah adverb(kata keterangan) yang digunakan untuk mengawali dan menunjukkan clause yang menerangkan noun dalam sebuah complex sentence. Relative pronoun ada 3 macam yaitu: what, where, dan why. Relative adverb memiliki fungsi yang sama dengan relative pronoun.

Relative Adverb


Fungsi Relative Adverb dan Contoh Kalimatnya

Relative adverb yang wajib diketahui ad 3 yaitu; where,when dan why, ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya silahkan lihat penjelasan fungsi relative adverb di bawah ini dengan beberapa contoh kalimatnya.

Relative Adverb

Fungsi
Contoh Kalimat





Where

Adalah relative adverb yang diguanakan untuk noun of place(noun yang berhubungan dengan tempat), contoh noun of place adalah: place, country, village, city, district, etc.


I will show you the secret room where I save all of my stuffs there.
Aku akan memperlihatkan ruang rahasia dimana aku menyimpan semua barang-barangku disana.

Penjelasan:
“Where” dalam kalimat tersebut adalah relative adverb yang mengawali clause "I save all of my stuffs there” yang menjelaskan noun of palce “the secret room”.






When

Adalah relative adverb yang diguanakan untuk noun of time(noun yang berhubungan dengan waktu), contoh: day, date, week, year, month, etc.

My younger sister will go to Singapore in February when she is graduated from junior high school.
Adik saya akan pergi ke Singapura pada bulan Februari ketika ia lulus dari SMP.

Penjelasan:
“when” adalah relative adverb yang mengawali clause "she is graduated from junior high school" yang menjelaskan noun of time “February”.






Why

Adalah relative adverb yang diguanakan untuk menunjukkan sebuah reason(alasan).

I do not know the reason why he failed in theory test.
Saya tidak tahu alasan mengapa ia gagal dalam ujian teori.

Penjelasan:
“Why” dalam kalimat tersebut adalah relative adverb yang mengawali clause “he failed in theory test” yang menjelaskan alasan “ketidak tahuan(I do not know)” subject “I” kenapa dia tidak lulus pada ujian teori.



Nah itulah tadi pembahasan tentang relative adverb dengan beberapa contoh kalimatnya. Silahkan anda berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi yang di sampaikan di atas. Dan saya sebagai penulis Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

References:

1. Relative Adverbs. http://learningenglish.voanews.com/content/everyday-grammar-relative-adverbs/2944081.html
2. Adverbs. http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/adverbs.htm
3. Relative adverbs. http://www.englishpractice.com/grammar/relative-adverbs/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Relative Adverb dan Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Dimohon untuk berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, komentar yang mengandung spam atau menyimpang akan dihapus dan tidak akan ditampilkan. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel